-->

Cara Sederhana Cek Kolesterol agar Terkontrol

cara sederhana cek kolestrol
Cara sederhana cek kolesterol – Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh warga Indonesia. Minimnya informasi akan kolesterol membuat sebagian masyarakat meremehkan kolesterol dan lebih memikirkan penyakit yang lain. Padahal, tingkat kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit bahaya lainnya seperti jantung dan stroke. Karena bahaya kolesterol yang tinggi, seseorang harus mengecek kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh.

Dengan mengetahui kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh, seseorang dapat menjaga pola hidupnya dengan baik agar kadar kolesterol mereka terkontrol. Untuk mengetahui kadar kolesterol, seseorang harus melakukan cek darah terlebih dahulu di rumah sakit atau puskesmas terdekat. Dari cek darah itulah, kita akan mengetahui apakah kadar kolesterol kita tergolong normal atau tidak.

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi harus menjaga asupan makanan dengan baik. menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

Berbeda dengan melakukan cek darah untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh, kita dapat melakukan cara sederhana untuk mengetahui apakah kita berpotensi mengidap kolesterol apa tidak. Cara sederhana cek kolesterol yang dapat dilakukan adalah mengenal penyebab dari kolesterol itu sendiri, seperti:

  •    Mengenal gaya hidup pribadi, Mereka yang memiliki masalah kolesterol biasanya kurang mengerti dengan kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh. Mereka bahkan sering melakukan aktifitas yang mampu meningkatkan kadar trigliserida.

  •     Mengenal riwayat keluarga, Riwayat keluarga yang mengidap kolesterol tinggi membawa kemungkinan yang besar pada keturunan mereka. Apalagi jika orang tua mengidap diabetes, keturunan mereka berpotensi memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Apalagi jika ditambah dengan pola makan yang tidak sehat, kemungkinan untuk mengidap kolesterol sangatlah besar.

Bagi mereka yang sering mengeluh kesemutan, kemungkinan besar mereka memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Perlu penanganan khusus untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika Anda ingin menghindari mengkonsumsi obat-obatan kimia, selain menjaga gaya hidup yang sehat Anda juga dapat mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti:
  •     Belimbing, Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah belimbing dapat menyerap lemak yang berada di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi belimbing secara teratur, jumlah lemak di dalam tubuh akan berkurang sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh juga akan berkurang.

  •     Alpukat, Buah alpukat kaya akan asam folat dan baik untuk menurunkan trigeserida dan kandungan lemak di dalam tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi buah alpukat satu buah per hari dengan rutin, Kandungan lemak jenuh di dalam tubuh akan berkurang. Anda dapat menggunakan alpukat sebagai jus segar dengan tambahan madu. Dengan cara sederhana cek kolesterol, Anda akan mengetahui kadar kolesterol sedini mungkin dan dapat membantu Anda dalam menjalankan hidup yang sehat.

0 comments