-->

Penyebab Tipes Dan Mengatasinya

Penyebab Tipes Dan Mengatasinya

Tipes merupakan  salah satu jenis penyakit yang saat ini paling banyak diderita warga Indonesia. Banyak yang mengira bahwa penyakit tipes yang dideritanya ini disebabkan oleh faktor terlalu lelah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sehingga dengan mengetahui penyebab yang paling umum, maka Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit yang cukup membahayakan ini. Beberapa faktor penyebab tipes ini wajib Anda ketahui supaya Anda dapat segera melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit tersebut. Tidak jarang penyakit ini jika terus menerus dibiarkan begitu saja akan menyebabkan kematian pada penderitanya. Tentu saja dengan demikian Anda harus mengetahui bagaimana caranya agar terhindar dari penyakit ini serta apa saja yang menyebabkan penyakit berbahaya ini.

Berikut ini adalah penyebab tipes yang harus Anda ketahui supaya Anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya ini:

  1. Mengkonsumsi makanan yang berasal dari laut seperti seafood yang airnya tercemar urin dan tinja. Baik urin maupun tinja membawa bakteri yang berbahaya. Salah satunya adalah bakteri salmonella. Bakteri ini ketika masuk ke bahan makanan tersebut dan dikonsumsi oleh manusia dan masuk ke dalam sistem pencernaan, maka yang akan terjadi akan menginfeksi dan menyebabkan tifus.
  2. Sanitasi lingkungan yang buruk. Sanitasi lingkungan yang kurang terjaga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit tipus yang paling umum. Ketika lingkungan sekitar kotor seperti menggunakan jamban yang kurang bersih kemudian tidak mencuci tangan sebelum makan, maka kemungkinan besar maka bakteri dari toilet akan masuk dan menyebabkan tifus.



Penyebab tipes ini sebenarnya bisa dihindari ketika Anda memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar Anda. Terutama kebersihan area toilet dan kebersihan tangan. Upaya pencegahan yang paling efektif adalah dengan mencuci tangan sebelum menyentuh makanan hingga bersih kemudian mencuci semua makanan sebelum dimasak hingga tidak ada lagi kotoran dan bakteri yang menempel pada bahan makanan yang menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat berbahaya yang salah satunya adalah tipes. Gangguan-gangguan kesehatan semacam ini tentu saja bisa diatasi dengan menjaga sanitasi dan juga menjaga kebersihan makanan dan tubuh dengan teratur.

0 comments