-->

Pengertian Sel Darah Putih

Pengertian Sel Darah Putih

Sel darah putih merupakan salah satu komponen tubuh yang paling penting. Sistem pertahanan tubuh yang lemah ini salah satunya adalah karena peranan adanya sel darah yang satu ini. Keberadaan sel ini cukup memiliki peranan yang cukup signifikan untuk menjaga tubuh dari kemungkinan terjadinya infeksi baik itu infeksi oleh bakteri maupun infeksi karena virus yang cukup mengganggu. Sel ini memiliki peranan yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sel ini mampu mempertahankan kondisi kesehatan tubuh Anda sehingga terhindar dari berbagai resiko penyakit akibat infeksi baik itu oleh virus maupun bakteri yang menurunkan kondisi kesehatan Anda.

Berikut ini peranan Sel darah putih untuk kesehatan Anda:
  1. Mampu melawan infeksi bakteri maupun virus yang masuk ke tubuh. Sel ini akan melawan dengan membentuk sistem imunitas untuk membuat virus dan bakteri ini musnah dan mati sehingga tidak jadi menginfeksi tubuh manusia. Sel ini secara otomatis bekerja ketika ada benda asing yang masuk ke tubuh manusia yang diidentifikasi sebagai benda berbahaya.
  2. Konsumsi obat-obatan dan terapi tertentu tentu saja membuat resiko penurunan jumlah sel darah yang memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sel ini memiliki fungsi juga untuk mencegah terjadinya kanker yang sangat mematikan. Sehingga jika fungsi sel darah ini tidak dapat bekerja dengan baik maka tubuh akan rentan penyakit.



Sel darah putih juga akan berada pada jumlah yang cukup rendah jika Anda terinfeksi HIV/AIDS. Penyakit ini merupakan penyakit yang cukup mematikan. Kanker pada bagian sel ini dapat mengganggu kinerja sumsum tulang belakang yang bekerja untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kanker pada sel darah yang satu ini salah satunya dapat diatasi dengan menggunakan cara transplantasi sumsum tulang belakang yang menjadi penampung dan pemerintah sel darah yang bertugas sebagai sistem imunitas tubuh melawan berbagai penyakit yang mematikan. Jadi setidaknya jika Anda ingin senantiasa sehat, Anda wajib menjaga jumlah sel darah yang satu ini jangan sampai jumlahnya terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

0 comments