-->

Penyebab Telat Datang Bulan Paling Umum

Penyebab Telat Datang Bulan

Telat datang bulan termasuk salah satu hal yang paling sering dikhawatirkan oleh para wanita. Siklus datang bulan yang biasanya teratur dan tiba-tiba terlambat tentu saja membuat para wanita menjadi sedikit menderita kecemasan. Datang bulan yang biasanya datang tepat waktu namun tibatiba terlambat tentu saja cukup membuat penderitanya menjadi sedikit merasa cemas sebenarnya apa penyebab telat datang bulan yang sedag dialaminya tersebut. Kebiasaan wanita akan berspekulasi tentang apa yang terjadi pada siklus bulanannya. Sehingga dengan mengetahui penyebab terlambatnya siklus datang bulan ini tentu saja akan memudahkan para wanita untuk segera mengetahui bagaimana caranya untuk mengatasi keluhan tersebut. Jadi kesehatan reproduksi akan terjaga sepenuhnya.

Berikut ini adalah penyebab telat datang bulan yang wajib Anda ketahui:

  1. Periode perimenopouse. Selain karena kehamilan, telat datang bulan bisa disebabkan oleh Anda sudah hampir memasuki masa menopouse. Masa menopouse merupakan salah satu masa dimana seorang wanita menjadi kurang produktif lagi. Biasanya telat datang bulan karena penyebab ini adalah wanita yang sudah memasuki usia lanjut.
  2. Kontrasepsi hormonal. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti pil KB dan suntik KB tentu saja akan mengganggu kestabilan hormon reproduksi. Alat kontrasepsi ini menggunakan bahan utamanya adalah jenis hormon sintetis yang kemudian disuntikkan ke aliran darah yang mempengaruhi kestabilan hormon reproduksi secara keseluruhan.



Penyebab telat datang bulan yang seperti di atas merupakan salah satu alasan yang paling umum yang sering dialami oleh kaum wanita. Sehingga kebanyakan wanita yang mengalaminya tidak perlu merasa khawatir tentang gangguan ini. Gangguan yang diakibatkan oleh beberapa faktor di atas memang merupakan hal yang wajar. Biasanya orang yang mengalami telat datang bulan ini biasanya mengira telah mengalami masa kehamilan dan mengalami tanda-tanda kehamilan pada fase awal. Sehingga sebagai langkah yang tepat ketika Anda mengalami telat datang bulan adalah segera melakukan pemeriksaan fisik secara keseluruhan agar kondisi kesehatan Anda terpantau dengan sempurna dan lebih baik. Hal inilah yang membuat wanita harus tetap waspada akan segala kemungkinan yang terjadi.

0 comments